UPACARA SUMPAH PEMUDA

Upacara hari Sumpah Pemuda Di SMAIT AL FITYAH Pekanbaru

Oleh : Hartono, M.Pd


Pemuda adalah masa dimana kalau kita ibaratkan matahari masa ketika memiliki sinar yang kuat. ketika matahari baru terbit atau matahari tenggelam kekuatan cahayannya melemah. itulah masa ketika anak2 dan masa ketika tua. berbeda ketika siang hari, cahanna kuat dan jangkauannya cukup luas. begitulah anak muda. memiliki energi tinggi, semangat, kuat dan mampu menjangkau sesuatu lebih luas. oleh karena itulah masa muda adalah masa yang diperhitungkan. dan perlu kita ketahui perubahan dalam sejarah selalu dilakukan oleh para pemuda.

Diyaumil akhir nanti ada 7 golongan yang akan mendapatkan naungan dari Allah SWT ketika tidak ada naungan. siapa dia...dialah seorang pemuda yang hatinya terpaut  ke Mesjid. orang yang hatinya terpaut ke mesjid adalah para pemuda yang mencintai Allah SWT. merekah pemuda yang beriman kepada Allah SWT. dengan keimanan kepada Allah SWT inilah sosok pemuda mampu menjadi pelopor kebangkitan ISLAM

Allah SWT dalam QS Al Kahfi ayat 13 menyatakan bahwa "Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.  Innahum Fityatun Amanu Birobbihim Wazitnahum Huda.  bahwa sesungguhnya pemuda yang akan diberikan petunjuk adalah mereka yang beriman kepada Rabb/ tuhan mereka.  kita ketahui bahwa AL FITYAH diambil dari QS surat Al kahfi ini.  yaitu para pemuda. karena Al Fityah ini didirikan oleh para Pemuda yang beriman kepada ALlah SWT dengan harapan dari Institusi atau lembaga ini akan lahir para pemuda-pemuda yang akan mampu meneruskan estafet penerus kebaikan di masa  yang akan datang. dialah sosok pemuda yang beriman kepada ALLAH SWT.