Program Sekolah

SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU

(SMAIT) AL FITYAH PEKANBARU

Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) AL Fityah adalah bentuk satuan pendidikan menengah atas yang menyelenggarakan program pendidikan tiga tahun berdasarkan kurikulum nasional yang diperkaya dengan sistem pendekatan Islami melalui keterpaduan antara Keumuman dan Keislaman, bidang studi yang satu dengan yang lainnya, aspek kognitif, afektif dan psikomotor, gaya belajar anak (visual, auditori, dan kinestetik), multiple intelengensi anak, Cara kerja otak kanan dan otak kiri serta keterpaduan peran antara Sekolah, Orang Tua, Masyarakat dan Alam semesta sebagai sumber belajar untuk membentuk kader pemimpin ummat di masa depan.

I.       TUJUAN PENDIDIKAN

Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) bertujuan :
A.   Memberikan kamampuan dan ketrampilan peserta didik, berupa pengetahuan, sikap dan kemampuan serta ketrampilan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
B.   Mengintegrasikan kemampuan, ketrampilan dan sikap islami kepada peserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang potensi fitrahnya ke arah terbentuknya insan yang bertaqwa dan menguasai IPTEK.
C.   Mendorong peserta didiknya memiliki integritas keilmuan, semangat berprestasi, berjiwa pemimpin,dan menguasai teknologi informasi.

II.          KARAKTERISTIK

A.   Terpadu : Berupaya mengintegrasikan seluruh aspek yang akan menunjang pencapaian  tujuan pendidikan yang meliputi: Antara Keislaman dan Keumuman, Antara Bidang Studi satu dengan yang lain, Antara Kognitif, Afektif dan Psikomotor, Antara Peran Sekolah, Rumah, Masyarakat dan Alam, Antara Otak Kanan dan Otak Kiri, Dan Antara tiga Gaya Belajar.
B.   Belajar Aktif : Sebuah pendekatan yang digunakan dalam metodologi proses  pembelajaran yang berciri aktif, kreatif, kritis analisis dan mandiri (independent).
C.   Berbasis Karakter : Memiliki jati diri muslim, ketrampilan hidup, menguasai teknologi   informasi dan cita rasa budaya yang tinggi
.

III. DIMENSI-DIMENSI KEUNGGULAN SMAIT :

A.   Masukan (input) yaitu siswa yang terseleksi dengan menggunakan kriteria tertentu dan prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan.
B.   Menjadikan pesan-pesan Islam sebagai inspirator dalam semua pembelajaran dan menjadikan nilai dan pesan Alqur’an dan Assunah sebagai rujukan pertama dan utama  dalam semua bidang pembelajaran.
C.   Menjadikan Masjid sebagai pusat kegiatan ibadah, ukhuwah dan peningkatan ruhiyah siswa, civitas akademika dan masyarakat sekitar.
D.   Sarana dan prasarana yang menunjang untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa serta   menyalurkan minat dan bakatnya, baik dalam kegiatan intra kurikuler maupun ekstra kurikuler.
E.    Mengintegrasikan kemampuan leadership dan life skill secara optimal dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor dalam kerangka pola pikir dan akhlak islami.
F.    Lingkungan sekolah yang kondusif dalam mengembangkan potensi keterpaduan dan  keunggulan secara fisik maupun sosial-psikologis.
G.   Guru dan Tenaga edukasi yang terpilih dan terlatih baik dari penguasaan materi  pembelajaran, ketrampilan metode mengajar, akhlakul karimah, maupun komitmen dan disiplin dalam melaksanakan tugas, sehingga akan menciptakan proses belajar mengajar yang berkualitas yang hasilnya dapat dipertanggungjawabkan kepada siswa, lembaga dan masyarakat.
H.   Kurikuler yang diperkaya, perlu dilakukan pengembangan dan improvisasi maksimal  sesuai dengan tuntutan belajar siswa yang memiliki kecepatan belajar serta motivasi yang tinggi dibanding dengan siswa seusianya. Sehingga perlu dilakukan pengayaan dan atau percepatan kurikulum, dimensi pengayaan dan percepatan kurikulum meliputi penguasaan terhadap bahasa asing (Inggris dan Arab), bidang studi inti dan eksakta serta bidang studi keagamaan dan kepribadian Islami
I.      Pelayanan bimbingan dan konseling
J.      Pembinaan kemampuan kepemimpinan yang menyatu dalam keseluruhan sistem  pembinaan siswa dan melalui praktek langsung dalam kehidupan sehari-hari.

IV. PROGRAM SEKOLAH


A.   WAKTU BELAJAR

Agar keterpaduan seluruh muatan pendidikan dapat tercapai, maka diterapkan fullday school dengan jam belajar sebagai berikut :
  Senin-Jumat                        : Pukul 07.00-16.15 WIB      dengan dua kali istirahat.
       

B.   Program Pembelajaran Khusus

            Pembentukan Pribadi Sholeh
1.      Aqidah
2.      Akhlaq
3.      Al Quran dan Hadis
4.      Fiqih
5.   Siroh
6.      Qiro’ati dan Tahfidzul Quran
7.      Hafalan Doa
8.      Character Building
9.      ISC ( Islamic Study Club )/Mentoring
10.  Out Bound
11.  Al Fityah Super Camp
12.  Muharram Camp
13.  Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) dan Jalsah Ruhiyyah

Peningkatan Akademik
1.      Smart Learning
-          Super Memory System
-          Mind Maping
-          Speed Reading
2.     Study Club
3.     Karya Ilmiah Siswa
4.     Studi Wisata
5.     Trip to campus

 

      Peningkatan Bahasa
1.      English and Arabic Day
2.      Jurnalistik
3.      Pekan bahasa
4.      Mading
5.      One Blog one Sudent

C.   PROGRAM INTRA KURIKULER

1.   OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

2.   Rohis (Kerohanian Islam)

3.   Pramuka SIT

4.   Renang

5.   Life Skill


V.    PROGRAM EKSTRA KURIKULER

1.      PKS (Patroli Keamanan Sekolah)

2.      BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia)

3.      Komputer (Corel, Photoshop, Macromedia dll)

4.      Nasyid

5.      Teater

6.      Club Sport (Basket, Sepak Bola, Bulu Tangkis, Volley, dll)

7.      Club Karya Ilmiah

8.         Robotic